jam

Sunday 13 March 2016

Tugas Kelompok Akuntansi Komparatif: Eropa


Nama :
Endah Dahlia (2B215195)
Puspa Handini (2B215167)
Anugerah Maulana Hafidz (21212003)
Muhammad Tamsil F. (25212112)
Kelas : 4EB14

Jawaban No. 6
Bursa saham dunia berbeda kaitannya dengan perusahaan domestik melawan perusahaan asing yang terdaftar.
Diminta : Masuklah ke halaman situs The World Federation of Stock Exchanges (www.world-exchanges.org) (statistics). Untuk setiap negara yang dibahas dalam bab ini, identifikasi beberapa perusahaan domestic dan asing yang terdaftar. Bagaimana  perbandingan negara-negara tersebut dan apa saja implikasi dari pola yang telah diamati.

Pengujian Hipotesis

Uji Chi-Square



 










Uji Mann-Whitney-Wilcoxon



    

















    Perusahaan asing cenderung melakukan kegiatan ekonomi lintas negara. Untuk dapat mempermudah dalam konsolidasi laporan keuangannya, maka perusahaan menggunakan standar akuntansi global, yaitu IFRS. Dengan menerapkan IFRS, maka pengungkapan yang diungkapkan tentunya sesuai dengan standar tersebut. Dengan demikian, pengungkapan perusahaan asing cenderung lebih tinggi daripada perusahaan domestik karena lebih dahulu dalam menerapkan IFRS.

     Perusahaan domestik yang berada di Indonesia tentunya juga mengikuti standar akuntansi global yang ada, tetapi lebih lambat. Hal ini dikarenakan Indonesia perlu melakukan konvergensi dan tentunya membutuhkan waktu yang tidak singkat. Sedangkan, untuk perusahaan asing dapat lebih dahulu mengikuti standar akuntansi internasional tersebut karena adanya tuntutan dari pemilik perusahaan tersebut ataupun karena telah mengikuti standar yang ditetapkan oleh perusahaan induknya di luar negeri.
Dengan menerapkan IFRS, unsur pengungkapan yang diungkapkan menjadi lebih sesuai dengan standar global yang ada. Hal tersebut tentunya dapat meningkatkan kualitas informasi laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia, memberikan kemudahan dalam memahami dan membandingkan informasi pada laporan keuangan secara universal, serta meningkatkan arus investasi global.

Referensi: e-journal.uajy.ac.id/6747/1/JURNAL.pdf

Jawaban No. 8
Beberapa perusahaan dari 5 negara yang dibahas dalam bab ini telah terdaftar dalam New York Stock Exchange (NYSE).
Diminta : Masuk ke situs NYSE (www.nyse.com). Identifikasi perusahaan yang ada di NYSE dari 5 negara yang dibahas di dalam bab ini. Bagaimana perbandingan sejumlah perusahaan yang terdaftar dari 5 negara ini dengan perusahaan-perusahaan lainnya di negara-negara Eropa? Apa maksud dari semua pola tersebut?

     Bursa Efek New York (sering disebut sebagai NYSE) adalah salah satu bursa saham terbesar di dunia. Bursa ini terletak di 11 Wall Street, Lower Manhattan, New York City, New York, Amerika Serikat.
NYSE dioperasikan oleh NYSE Euronext (NYSE: NYX), yang dibentuk oleh penggabungan NYSE pada tahun 2007 dengan bursa saham elektronik sepenuhnya Euronext. Lantai perdagangan NYSE terletak di 11 Wall Street dan terdiri dari empat kamar yang digunakan untuk fasilitasi perdagangan. Sebuah lantai perdagangan kelima, terletak di 30 Broad Street, ditutup pada Februari 2007. Bangunan utama, terletak di 18 Broad Street, antara sudut-sudut Wall Street dan Exchange Place, ditetapkan sebagai National Historic Landmark pada tahun 1978 seperti bangunan di 11 Wall Street.

Sekitar 2.308 perusahaan mencatatkan sahamnya di NYSE. Harga saham-saham di NYSE mencapai AS$14,242 triliun dalam kapitalisasi pasar global. Hingga Desember 2011, seluruh dari 30 perusahaan di Dow Jones Industrial Average dan seluruh dari 500 perusahaan di S&P 500 dicatat juga di NYSE, kecuali Intel dan Microsoft.

New York Stock Exchange sampai saat ini merupakan bursa saham terbesar di dunia menurut kapitalisasi pasar perusahaan terdaftar. Bursa elektronik NASDAQ memiliki jumlah perusahaan terdaftar terbanyak dan merupakan yang terbesar ketiga di dunia menurut kapitalisasi pasar perusahaan terdaftar.

Jawaban No. 12
Daftar di bawah ini adalah rasio keuangan yang digunakan oleh analisis:
Likuiditas: rasio terkini; arus kas dari kegiatan operasi terhadap utang lancer
Solvabilitas: utang terhadap ekuitas; utang terhadap asset
Profitabilitas: pengambilan asset; pengembalian ekuitas
Diminta: Asumsikan bahwa anda membandingkan rasio keuangan perusahaan dari dua negara yang dibahas dalam bab ini. Diskusikan bagaimana praktik akuntansi diidentifikasi seperti pada tampilan 3-6 akan mempengaruhi perbandingan anda bagi masing-masing dari 6 rasio dalam daftar.

     Dalam tulisan ini kami selaku penulis akan melakukan analisa penelitian terhadap dua perusahaan yang terdaftar dalam bursa saham. Perusahaan yang pertama adalah PT Telekomunikasi Indonesia Tbk yang terdaftar dalam Bursa Efek New York atau NYSE dan perusahaan yang kedua adalah PT Unilever Indonesia yang merupakan anak perusahaan dari Unilever N.V. yang terdaftar dalam BEI. Dalam tulisan ini laporan keuangan yang akan dianalisa adalah laporan keuangan pada tahun 2012. Analisa laporan keuangan dilakukan dengan menggunakan analisa rasio:

Liquidity Ratio
Activity Ratio
Leverage Ratio
Profitability Ratio

PEMBAHASAN

1. Liquidity Ratio











2. Activity Ratio










3. Leverage debt
























4. Profitability ratio










*dalam milyar rupiah

 KESIMPULAN

Berdasarkan perhitungan terhadap rasio keuangan maka untuk Unilever kesimpulan yang dapat diambil adalah:

Current ratio dimana setiap Rp 1,- utang lancar dijamin oleh 6.68 aktiva lancar.
Total assets turn over dimana setiap Rp 1,- dari total aktiva dapat menghasilkan penjualan sebesar Rp2.27,-
Debt rasio dimana bagian setiap rupiah yang dijadikan jaminan untuk keseluruhan hutang sebesar 0.67% dari setiap rupiah menjadi jaminan hutang
Return on investment setiap Rp 1,- dari total altiva menghasilkan keuntungan netto sebesar Rp 0.437
Return on equity dimana Rp 1,- dari total modal dapat menghasilkan keuntungan sebesar Rp 1.21

Sedangkan untuk Telkom maka kesimpulan yang dapat diambil adalah:
Current ratio dimana setiap Rp 1,- utang lancer dijamin oleh 1.1603 aktiva lancar.
Total assets turn over dimana setiap Rp 1,- dari total aktiva dapat menghasilkan penjualan sebesar Rp 0.69,-
Debt rasio dimana bagian setiap rupiah yang dijadikan jaminan untuk keseluruhan hutang sebesar 0.39% dari setiap rupiah menjadi jaminan hutang
Return on investment setiap Rp 1,- dari total altiva menghasilkan keuntungan netto sebesar Rp 0.1651
Return on equity dimana Rp 1,- dari total modal dapat menghasilkan keuntungan sebesar Rp 0.2745

No comments:

Post a Comment