jam

Friday 7 June 2013

Sistematis Penulisan Ilmiah/ Penelitian


BAB 1. Pendahuluan
1.1              Latar Belakang
Latar belakang adalah dasar atau titik tolak untuk memberikan pemahaman kepada pembaca atau pendenger mengenai apa yang ingin kita sampaikan. Latar belakang yang baik harus disusun dengan sejelas mungkin dan bila perlu disertai dengan data atau fakta yang mendukung.

1.2              Identifikasi Masalah
Identifikasi masalah menyangkut spesifikasi isu atau gejala yang hendak dipelajari. Bagian ini juga memuat penegasan bagaimana kita melihat, menduga, memperkirakan, dan menguraikan serta menjelaskan apa yang menjadi masalah.

1.3              Perumusan Masalah
Perumusan masalah adalah kalimat Tanya yang tegas dan jelas mengenai apa pemecahan masalah yang dicari dari permasalahan tersebut.

1.4              Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian adalah Memuat uraian yang menyebutkan secara spesifik maksud atau tujuan yang hendak dicapai dari penelitian yang dilakukan. Tujuan penelitian dapat dihubungkan dengan rumusan masalah yang telah dibuat. Rumusan masalah berupa kalimat pertanyaan dan tujuannya ditulis dengan hasil yang ingin dicapai dari rumusan masalah tersebut.

1.5              Manfaat Penelitian
Setiap hasil penelitian pada prinsipnya harus berguna sebagai penunjuk praktek pengambilan keputuan dalam artian yang cukup jelas. Manfaat tersebut baik bagi perkembangan ilmu pengetahuan, manfaat bagi obyek yang diteliti, maupun manfaat bagi peneliti sendiri.

BAB 2. Landasan Teori

            2.1       Deskripsi Teori
                                    Deskripsi teori dapat berupa definisi atau proposisi yang menyajikan pandangan tentang hubungan antar variabel yang disusun secara sistematis, dengan tujuan untuk memberikan eksplanasi dan prediksi mengenai suatu permasalahan. Mengenai teori yang menjadi dasar bagi kita untuk melakukan penelitian ini. Dapat digunakan bermacam teori yang terpenting adalah bahwa teori tersebut sesuai dan relevan dengan penelitian yang dibuat.

            2.2       Kerangka Pemikiran
Kerangka pemikiran menurut Suriasumantri, 1986 dalam (Sugiyono, 2009:92) mengemukakan bahwa seorang peneliti harus menguasai teori-teori ilmiah sebagai dasar menyusun kerangka pemikiran yang membuahkan hipotesis. Kerangka pemikiran merupakan penjelasan sementara terhadap gejala yang menjadi objek permasalahan.

            2.3       Hipotesis Penelitian
Hipotesis atau hipotesa adalah jawaban sementara terhadap masalah yang masih bersifat praduga karena masih harus dibuktikan kebenarannya.
Ada dua bentuk hipotesis yaitu
   1. hipotesis penelitian; dirumuskan secara naratif berdasarkan kerangka berpikir penelitian & landasan teori yang telah dipilih
   2. hipotesis statistik; dirumuskan secara matematis dalam bentuk dua kalimat matematika

BAB 3. Metode Penelitian

            3.1       Waktu dan Tempat Penelitian
Dalam memilih masalah yang diangkat dalam suatu penelitian, hendaknya memperhatikan waktu dan tempat yang dibutuhkan dalam penelitian.

            3.2       Pengumpulan Data
                                    Menyangkut pemilihan dan penentuan data yang akan dianalisis.

            3.3       Analisis Data
                                    Data – data yang terkumpul di pengumpulan data dianalisis. Data-data tersebut biasanya dalam bentuk teks, dianalisis. Bagian analisis ini biasanya menyangkut klasifikasian dan pengkode-an data. Data yang begitu banyak diringkas begitu jelas dan lugas.


BAB 4. Hasil Penelitian
            Pada bagian hasil penelitian, dapat memuat beberapa konten berikut yang pada umumnya terdapat pada laporan hasil penelitian, yakni jabaran hasil penelitian, pengajuan hipotesis yang telah dijabarkan pada bagian sebelumnya, serta diskusi penelitian.
Hasil penelitian ini dapat disajikan dalam berbagai bentuk. Penulisan dapat memilih bentuk penyajian hasil penelitian sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Bentuk penyajian hasil penelitian dapat berupa table, diagram, penjabaran melalui kata-kata.

BAB 5. Simpulan

Daftar pustaka
http://wikipedia.com





No comments:

Post a Comment